Dr. Ir. Gunadi Widi Nurcahyo, MSc.
Abstract
This paper
overviews a new trend in information technology called Ambient Intelligence and
study the potential use in Indonesia.
Requirements of building Ambient Intelligence are also described including
ubiquitous computing, ubiquitous communication, and intelligent user interface.
In the end, it is suggested that change of technology must be anticipated in
order to prepare Indonesia
in facing the era of ASEAN Free Trade Area (AFTA).
Pendahuluan
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah
menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah
untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate),
dan tepat sasaran (relevant).
Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat
dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan
terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan
keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat
dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar
memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang
digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi
dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan
teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah
melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz & Rey, 2005):
-
Gelombang Pertama
Gelombang pertama ini dikenal sebagai gelombang one computer, many people atau satu komputer, banyak
pemakai. Era ini ditandai dengan digunakannya teknologi Mainframe yang mulai
berkembang pada awal tahun 40-an. Teknologi ini mencapai puncak kepopuleran
pada tahun 70-an sampai awal 80-an. Namun, seiring perkembangan teknologi
komputer, pada pertengahan 80-an, Mainframe sudah mulai ditinggalkan karena
tergeser oleh teknologi mini computer
dan personal computer (PC).
-
Gelombang Kedua
Era ini adalah suatu era di mana komputer sudah mulai memasyarakat.
Salah satu gejala mulai memasyarakatnya komputer adalah mulai banyaknya
sekolah-sekolah tinggi dan akademi komputer yang didirikan di seluruh Indonesia. Era
ini dikenal dengan era one computer, one
people atau satu komputer, satu pemakai yang mulai berkembang pada awal
70-an dan mencapai puncaknya pada awal 90-an sampai awal tahun 2000.
-
Gelombang Ketiga
Setelah dua dekade sejak PC mulai berkembang, teknologi komputer
mulai beralih ke ubiquitous computing,
di mana komputer dapat digunakan di berbagai tempat oleh siapapun yang ingin
menggunakannya. Era ini dikenal juga dengan era one person, many computer atau satu pemakai, banyak komputer; suatu
era di mana seorang pemakai dapat menggunakan banyak komputer untuk keperluan
yang berbeda. Perubahan yang terjadi pada era ini sangat signifikan. Dalam
tempo singkat, hanya dalam jangka 10 tahun, teknologi ini sudah melebihi
kepopuleran PC dalam penjualan perangkatnya per tahun.
Teknologi Ambient
Intelligence
Teknologi informasi pada prinsipnya adalah mentransformasikan cara
bagaimana manusia berinteraksi antar sesama dan dengan objek-objek di sekitarnya.
Perubahan teknologi terjadi adalah untuk membuat sistem komunikasi dan komputer
menjadi lebih mudah, kolaboratif, dan transparan terhadap pemakai.
Salah satu tanda perubahan tersebut adalah munculnya sebuah versi
baru teknologi informasi yang disebut dengan Ambient Intelligence (AmI). AmI adalah suatu teknologi yang
memadukan tiga bidang ilmu yang berbeda, yaitu: Ilmu Komputer, Teknik Elektro,
dan Telekomunikasi. Ilmu komputer berperan dalam membangun dan menerapkan
konsep-konsep Expert System, teleoperator, sistem kendali, dan komponen
komputer itu sendiri. Teknik Elektro berperan dalam merancang komponen sensor
dan microelectronic. Sementara bidang
ilmu Telekomunikasi lebih berperan dalam membentuk sistem mobile communication, jaringan, dan signal processing.
AmI dibangun dengan menerapkan tiga teknologi terbaru yaitu: ubiquitous computing, ubiquitous communication, dan intelligent user interface. Ubiquitous computing adalah integrasi microprocessor dalam objek sehari-hari
seperti perabot, pakaian, mainan, bahkan cat. Ubiquitous communication memungkinkan objek-objek tersebut saling
berhubungan menggunakan jaringan nirkabel. Intelligent
user inteface memungkinkan penduduk di lingkungan AmI mengendalikan dan
berinteraksi dengan lingkungan secara alami (suara, isyarat, dan lain-lain).
Tujuan AmI adalah untuk memperluas interaksi antara manusia dengan
teknologi informasi secara digital melalui penggunaan peralatan komputer yang
dapat diakses dari berbagai tempat berbeda (ubiquitous
computing). Sistem komputer konvensional menggunakan user interface
seperti: keyboard, mouse, layar display, sementara AmI dilengkapi dengan
peralatan yang mudah dibawa, penggunaan sensor suara, sensor cahaya untuk dapat
lebih mengakomodasi ruang pemakai yang lebih luas. Media informasi ini menjadi
semakin populer melalui penggunaan interface yang memungkinkan penggunaan
peralatan yang lebih intuitif.
Ubiquitous Computing dan
Komunikasi
Ubiquitous computing dapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di
mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan
tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer
dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan
intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada.
Ide ubiquitous computing
pertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox
PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di
setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan ratusan komputer
pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di
lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.
Buxton (1995) menyatakan bahwa ubiquitous
computing mempunyai karakteristik utama yaitu:
- Ubiquity: interaksi tidak dilakukan oleh suatu saluran melalui satu workstation. Akses ke komputer dapat dilakukan di mana saja. Sebagai contoh, di suatu kantor ada puluhan komputer, layar display, dan sebagainya dengan ukuran bervariasi mulai dari tombol seukuran jam tangan, Pads sebesar notebook, sampai papan informasi sebesar papan tulis yang semuanya terhubung ke satu jaringan. Jaringan nirkabel akan tersedia secara luas untuk mendukung akses bergerak dan akses jarak jauh.
- Transparency: teknologi ini tidak menganggu keberadaan pemakai, tidak terlihat dan terintegrasi dalam suatu ekologi yang mencakup perkantoran, perumahan, supermarket, dan sebagainya.
Karakteristik Lingkungan
Ada banyak jenis layanan yang dapat ditawarkan dalam lingkungan AmI,
antara lain layanan-layanan airport, perkantoran, perbankan, transportasi,
supermarket, pendidikan, rumah tangga, dan lain-lain yang tercakup dalam suatu
area perkotaan. Karakteristik dari lingkungan pelayanan ini adalah sebagai
berikut:
-
Personal Device
Pemakai dilengkapi dengan peralatan pribadi yang mudah dibawa (portable) seperti: PDA, smart phone, komputer kecil yang mudah
dibawa, atau sejumlah peralatan nirkabel yang saling terhubung membentuk suatu Body Area Network. Peralatan-peralatan
tersebut secara dinamis dapat menyesuaikan jenis protokol radio yang berbeda.
-
Network Architecture
Para pemakai
bergerak dalam suatu jaringan komunikasi nirkabel heterogen yang membentuk
suatu jaringan berkabel yang lebih luas. Peralatan pemakai saling terhubung
menggunakan jaringan nirkabel berbasis infrastruktur. Peralatan-peralatan
tersebut juga dapat berhubungan dengan peralatan, sensor, dan layanan yang ada
di lingkungan.
-
Service Provisioning
Layanan bagi pemakai disediakan di berbagai tempat berbeda dalam
lingkungan AmI di mana pemakai dapat menggunakan layanan yang tersedia dengan
sumber-sumber daya yang terhubung tanpa kabel. Layanan-layanan ini diberikan
oleh suatu sistem layanan gabungan dengan application
server yang dapat diakses melalui infrastruktur jaringan.
-
Sensing Architecture
Untuk mendukung pemberian layanan-layanan tersebut, lingkungan AmI
dilengkapi berbagai jenis sensor. Sensor ini membuat interaksi antara pemakai
dengan jenis layanan yang dibutuhkan menjadi lebih efisien. Sensor ini akan
menangkap informasi dari lingkungan secara terus-menerus dan memantau aktivitas
yang dilakukan para pemakai. Sensor ini kemudian membawa informasi tersebut ke
sebuah modul AmI yang akan memprosesnya dalam suatu aplikasi. Jenis sensor yang
digunakan meliputi jenis sensor tradisional seperti: sensor suhu, tekanan,
cahaya, kelembaban udara, dan sensor-sensor yang lebih kompleks, seperti kamera
yang dihubungkan dengan jaringan kabel. Dengan demikian, infrastruktur AmI
harus dapat menangkap informasi-informasi dari peralatan-peralatan sensor
tersebut.
-
Modes of Interaction
Pemakai berinteraksi dengan layanan melalui suatu multimodal user interface yang
menggunakan peralatan pribadi untuk berkomunikasi. Multimodal communication memungkinkan pemakai mangakses layanan
tidak hanya pada saat mereka duduk di depan PC, tetapi juga pada saat mereka
bergerak bebas dalam lingkungan AmI.
Spesifikasi Teknis
Ubiquitous computing mempunyai beberapa spesifikasi teknis sebagai berikut:
- Terminal & user interface
Peralatan yang digunakan sebaiknya mempunyai kualitas tampilan yang
bagus dan responsif terhadap input dari pemakai. Walaupun dengan ukuran display
yang terbatas, penggunaanya harus intuitif dengan tampilan yang bersih
menggunakan alat input yang berbeda seperti: pen, handwriting recognition
dan speech recognition.
- Peralatan yang murah
Jika kita membangun sebuah sistem dengan banyak komputer untuk satu
pemakai, biaya satu komputer hendaklah tidak terlalu mahal. Meskipun komputer
biasa pada umumnya relatif lebih mahal, kamputer ini tidak dapat digunakan
untuk ubiquitous computing. Tidak
semua komputer dalam ubiquitous computing
memerlukan prosesor dan harddisk dengan spesifikasi seperti dalam komputer
biasa.
- Bandwidth tinggi
Kebutuhan lain dari ubiquitous
computing adalah mempunyai bandwidth jaringan
yang cukup untuk melakukan komunikasi antara peralatan-peralatan yang
digunakan. Selain masalah bandwidth,
ada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan berkaitan dengan
transformasi data melalui jaringan, antara lain: lokasi terminal untuk mobile communication, penggunaan
frekuensi yang tepat, menjaga kualitas layanan, enkripsi data, dan mengurangi
gangguan-gangguan laten terhadap jaringan.
- Sistem file tersembunyi
Ketika seorang pemakai menggunakan komputer, dia harus belajar
beberapa aspek dasar tentang sistem operasi dan konsep-konsep file serta
struktur direktori. Hal ini mengakibatkan pemakai akan lebih terfokus pada
bagaimana informasi akan disimpan, bukan pada informasi itu sendiri. Salah satu
kebutuhan ubiquitous computing adalah
bahwa komputer harus tersembunyi. Komputer harus dapat “memahami” kondisi
pemakai. Sebagai contoh, melalui penggunaan voice
recognition atau interface
lainnya yang memungkinkan pemakai melakukan akses tanpa harus mengetahui nama
file tertentu, lokasi atau format file tersebut.
- Instalasi otomatis
Ubiquitous computing harus dapat mengeliminasi kebutuhan instalasi program. Dalam sistem
konvensional, seringkali diperlukan instalasi program yang dapat menimbulkan
masalah, dan dalam beberapa kasus harus melibatkan pemakai. Konsep ini tidak
berlaku dalam ubiquitous computing.
Program harus dapat berpindah dari sebuah komputer ke komputer lain tanpa harus
mengubah konfigurasi dasar dalam menjalankan suatu program baru. Salah satu
alternatif adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang dapat
dipindahkan ke komputer lain dengan mudah (platform-independent).
- Personalisasi informasi
Akan lebih baik jika ubiquitous
computing system dapat menjaga agar informasi yang tersedia dapat digunakan
sesuai kebutuhan pemakai. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satu
pendekatan yang dapat dilakukan adalah setiap kali ada seseorang yang baru
bergabung dalam sebuah komunitas, profil pribadi orang tersebut harus
ditambahkan ke setiap peralatan yang ada.
- Privasi
Salah satu masalah yang paling penting dalam ubiquitous computing adalah resiko privasi yang serius. Sistem ini
dapat menyimpan data-data pemakai dan lokasinya yang mungkin dapat diakses oleh
pemakai lain. Teknologi jaringan yang baru seperti infra merah atau komunikasi
radio nir kabel menggunakan enkripsi untuk menjaga keamanan data.
Potensi
Ambient Intelligence di Indonesia
Dalam paper yang disampaikan pada Seminar dan Pameran Teknologi
Informasi, Wawan Wardiana (2002) menyimpulkan bahwa perkembangan teknologi
informasi di Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia
dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan
perangkat lunak komputer, sistem jaringan baik berupa LAN maupun WAN dan sistem
telekomunikasi yang akan digunakan untuk transfer data.
Pada saat ini kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen
teknologi informasi sudah semakin meningkat. Salah satu bukti pemahaman ini
adalah dengan trend teknologi informasi yang tidak saja berpengaruh terhadap gaya hidup para
profesional, pelaku bisnis dan pemakai lain di kalangan orang dewasa, tetapi
juga berpengaruh terhadap para remaja di tingkat sekolah bahkan anak-anak.
Penggunaan teknologi komunikasi seperti SMS, MMS, chatting dan e-mail sudah
begitu memasyarakat. Trend penggunaan teknologi informasi ini juga dapat kita
jumpai di berbagai bidang, seperti pendidikan, perbankan, perdagangan,
pemerintahan dan lain-lain.
Di bidang pendidikan, teknologi informasi sangat berperan dalam
menyediakan sarana belajar-mengajar yang lebih efisien seperti trend belajar
jarak jauh (distance learning),
belajar secara elektronis (e-learning),
perpustakaan elektronik (e-library), dan
multimedia. Sebagai contoh, Universitas Putra Indonesia
“YPTK” Padang
memberikan kemudahan bagi seluruh mahasiswa untuk melakukan pembayaran uang
kuliah melalui bank tanpa harus datang ke kampus, melihat nilai atau mengecek
absensi cukup melalui SMS Kampus. Di bidang perbankan, teknologi informasi
memberikan kemudahan-kemudahan dalam bertransaksi. Semakin banyak pelaku
ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai
dalam transaksi pembayarannya, tetapi cukup menggunakan kartu elektronik atau smart card. Nasabah pun tidak perlu lagi
datang ke lokasi untuk melakukan transfer uang ke bank yang berbeda.
Berdasarkan fakta-fakta yang digambarkan di atas, muncul suatu
pemikiran bahwa trend teknologi informasi di Indonesia akan mengarah ke ubiquitous computing yang merupakan
konsep dasar dari teknologi Ambient
Intelligence. Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan akan potensi
penggunaan teknologi AmI di Indonesia ini adalah sebagai berikut:
- Semakin berkembangnya teknologi jaringan khususnya jaringan nirkabel yang memungkinkan transfer data dapat dilakukan dengan lebih cepat dengan biaya yang relatif lebih kecil.
- Tingkat kemampuan masyarakat dalam menggunakan atau membeli komputer dengan kemampuan tinggi. Walaupun masih terbatas untuk kalangan tertentu, seperti pelajar, mahasiswa, profesional, pelaku bisnis dan sebagainya, namun pemakaiannya sudah semakin menyebar sehingga orang awam pun sudah terbiasa dengan lingkungan di mana komputer merupakan alat bantu dalam kegiatan-kegiatan sehari-hari.
- Cepatnya perkembangan dan penyebaran teknologi komunikasi di kalangan masyarakat luas memenuhi kebutuhan ubiquitous communication yang merupakan salah satu pilar teknologi Ambient Intelligence.
- Kebutuhan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi yang sudah semakin banyak tersedia. Ketersediaan sumber daya manusia ini didukung oleh semakin berkembangnya sekolah-sekolah tinggi dan universitas-universitas yang khusus mendalami bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
- Situasi lingkungan yang menuntut tersedianya fasilitas pelayanan yang lebih efisien dan cepat. Jumlah populasi penduduk yang terus meningkat akan menimbulkan masalah kualitas pelayanan dari berbagai instansi yang melayani masyarakat luas. Masalah-masalah tersebut antara lain: antrian yang disebabkan banyaknya orang yang memerlukan layanan yang sama pada saat yang sama, kepadatan lalu-lintas yang juga disebabkan oleh makin banyaknya orang memerlukan layanan. Bukan hanya pelayanan transportasi, tapi juga pelayanan-pelayanan lain yang memerlukan transportasi karena mereka harus datang ke lokasi.
Penutup
Ambient Intelligence adalah suatu teknologi informasi yang dibangun untuk memudahkan
manusia dalam mengakses informasi yang diperlukan dan mendapatkan
pelayanan-pelayanan secara lebih mudah, cepat dan efisien. Teknologi ini harus
didukung oleh tiga faktor penting: ubiquitous
computing, ubiquitous communication,
dan intelligent user interface.
Ketiga faktor tersebut, yang walaupun belum seluruhnya diterapkan di Indonesia,
sudah mulai dapat dirasakan kemunculannya di tengah masyarakat.
Seperti halnya teknologi-teknologi yang sudah terlebih dahulu
digunakan oleh masyarakat di Indonesia,
suatu saat teknologi AmI akan menjadi salah satu kebutuhan di tengah-tengah
masyarakat yang sangat menginginkan pelayanan di semua bidang dengan kualitas
yang jauh lebih baik daripada yang diperoleh sekarang. Untuk mengantisipasi
perubahan teknologi ini diperlukan persiapan tidak saja dalam penyediaan sumber
daya manusia, tetapi juga harus disertai perangkat pendukung lain seperti
prosedur dan aturan-aturan yang jelas untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan
yang mungkin terjadi. Dengan langkah antisipasi untuk setiap perubahan
teknologi yang terjadi begitu pesat, secara tidak langsung bangsa Indonesia
telah mengambil langkah penting dalam menghadapi era perdagangan bebas ASEAN
(AFTA).
Daftar
Pustaka
Alcaniz, M.
& Rey B. New Technologies for Ambient
Intelligence. IOS Press. 2005.
Buxton, W. Ubiquitous Media and the Active Office.
Nikkei Electronics. No. 632. 187-195. 1995.
Cortese, G.,
Lunghi, M., Davide, F. Context-Awarness
for Physical Service Environments. IOS Press. 2005.
Piva, S.,
Bonamico, C., Regazzoni, C., Lavagetto, F. A
Flexible Architecture for Ambient Intelligence Systems Supporting Adaptive
Multimodal Interaction with Users. IOS Press. 2005.
Riva, G. The Psychology of Ambient Intelligence:
Activity, Situation and Presence. IOS Press. 2005.
Wawan Wardiana. Perkembangan Teknologi Informasi di
Indonesia. Seminar dan Pameran Teknologi Informasi Fakultas Teknik
Universitas Komputer Indonesia Jurusan Teknik Informatika. 9 Juli 2002.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon