MATERI PEMROGRAMAN JARINGAN



Suatu hari, diadakan sayembara bagi tukang ngobrol yang mampu berbicara dalam waktu paling lama, siapakah pemenangnya? Joko Nurjadi

PESERTA PERTAMA adalah seorang ibu peserta arisan yang memiliki keistimewaan mampu menceritakan sebuah kejadian yang berlangsung 5 menit menjadi berdurasi beberapa jam, di mana sang lawan bicara sebaiknya memiliki prinsip: kuping boleh panas, tetapi hati tetap dingin.

Peserta kedua adalah sepasang muda-mudi yang sedang jatuh cinta dan mampu berkomunikasi dalam waktu yang sangat lama, hingga tercipta istilah sepiring berdua dan dunia hanya milik berdua.

Rekor ini bertahan selama berhari-hari, setelah pasangan tersebut akhirnya memilih diam (dan menciptakan istilah piring terbelah dua dan perang dunia kedua).

Saat mahkota pemenang sudah akan diserahkan pada peserta kedua, muncul peserta ketiga yang mengklaim mampu berkomunikasi 24 jam tanpa henti setiap harinya dalam batas waktu yang tidak dapat ditentukan, mengagumkan! Sang  jawara itu bernama...socket jaringan!

Mengenal Socket
Bayangkan sebuah server game online yang berkomunikasi tanpa henti, dimainkan oleh entah berapa banyak client yang tersebar. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi dari sekian banyak aplikasi yang menggunakan socket jaringan untuk saling berkomunikasi dan bertukar data.

Komunikasi socket jaringan memang tidak mengenal lelah, pertukaran data terjadi terus-menerus dan memegang peranan vital. Jika oleh karena suatu hal komunikasi berhenti karena maintenance, kerusakan, ataupun sebab lainnya, maka dapat dipastikan para penggunanya akan kecewa.

Maka dari itu, komunikasi jaringan selalu diusahakan tidak terhenti. Demikianlah tugas berat yang harus dilakukan socket jaringan. Sebelum membahas lebih jauh, apakah sebenarnya pengertian socket itu?

Pengertian socket adalah interface pada jaringan yang menjadi titik komunikasi antarmesin pada Internet Protocol, dan tentunya tanpa komunikasi ini, tidak akan ada pertukaran data dan informasi jaringan. 

Socket terdiri dari elemen-elemen utama sebagai berikut:
1. Protokol.
2. Local IP.
3. Local Port.
4. Remote IP.
5. Remote Port.

Dalam komunikasi antara dua pihak, tentunya harus digunakan kesepakatan aturan dan format yang sama agar komunikasi dapat dimengerti. Seperti halnya dua orang yang menggunakan bahasa yang sama, maka bahasa di sini berfungsi sebagai protokol. Protokol yang digunakan dalam socket dapat menggunakan TCP ataupun UDP.

Contoh komunikasi sederhana adalah komunikasi antara komputer A dan komputer B. Baik komputer A maupun komputer B harus memiliki identitas unik, yang direpresentasikan oleh IP masing-masing.

Komunikasi yang terjadi melalui port, sehingga baik komputer A maupun komputer B harus memiliki port yang dapat diakses satu sama lain.

TCP dan UDP
Pemrograman socket adalah cara untuk menggunakan komponen/API (Application Programming Interface) socket untuk membuat sebuah aplikasi.
Aplikasi socket umumnya terdiri dari dua kategori berdasarkan pengiriman datanya, yaitu:
1. Datagram socket (menggunakan UDP).
2. Stream socket (menggunakan TCP).

Terdapat perlakuan yang berbeda antara UDP dan TCP, walaupun sama-sama berfungsi sebagai protokol pertukaran data.

UDP tidak memerlukan proses koneksi terlebih dahulu untuk dapat mengirimkan data, paket-paket data yang dikirimkan UDP bisa jadi melalui rute yang berbeda-beda, sehingga hasil yang diterima bisa jadi tidak berurutan.

Contohnya jika aplikasi socket pengirim mengirimkan berturut-turut pesan 1, pesan 2, dan pesan 3, maka aplikasi socket penerima belum tentu mendapatkan pesan yang berurutan dimulai dari pesan 1, pesan 2, dan terakhir pesan 3. Bisa saja pesan 2 terlebih dulu diterima, menyusul pesan-pesan yang lain, atau berbagai kemungkinan lainnya. Bahkan, dapat terjadi pesan yang dikirimkan tidak sampai ke penerima karena kegagalan pengiriman paket data.

Tidak demikian halnya dengan stream socket yang menggunakan TCP. Jenis ini mengharuskan terjadinya koneksi terlebih dahulu, kemudian mengirimkan paket-paket data secara berurutan, penerima juga dijamin akan menerima data dengan urutan yang benar, dimulai dari data pertama yang dikirimkan hingga data terakhir. TCP dapat menangani data yang hilang, rusak, terpecah, ataupun terduplikasi.

Dari sekilas perbedaan ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa aplikasi socket yang menggunakan TCP memerlukan pertukaran data dua arah yang valid. Sedangkan, aplikasi socket yang menggunakan UDP lebih memprioritaskan pada pengumpulan data.

Karena itu aplikasi socket dengan TCP sering diterapkan untuk aplikasi chat, transfer file, ataupun transaksi-transaksi penting. Sedangkan aplikasi socket dengan UDP cocok diterapkan untuk aplikasi monitoring jaringan, game online, dan aplikasi-aplikasi broadcast.

Port
Salah satu elemen penting yang digunakan dalam aplikasi socket adalah port. Port merupakan sebuah koneksi data virtual yang digunakan aplikasi untuk bertukar data secara langsung.

Terdapat banyak port di dalam sebuah sistem komputer dengan fungsinya masing-masing. Sebagai contoh, dalam mengirim e-mail digunakan service SMTP yang umumnya menggunakan port 25. Sementara service POP3 untuk menerima e-mail menggunakan port 110, port 80 digunakan untuk HTTP, port 443 digunakan untuk HTTPS, dan seterusnya.

Nomor-nomor port dikategorikan dalam tiga jenis sebagai berikut:

1.   Well-known ports.
Merupakan port yang telah digunakan secara internal oleh sistem Windows, misalnya port untuk koneksi Internet, service FTP, dan seterusnya. Port yang telah digunakan ini adalah port 0 sampai dengan port 1023.
2.   Registered ports.
Port ini dapat digunakan dalam aplikasi Anda,  range-nya adalah port 1024 hingga port 49151, cukup banyak port yang tersedia yang bebas Anda pilih sehingga Anda tidak perlu kuatir kekurangan port untuk aplikasi Anda.
3.  Dynamic/Private ports.
     Dari port 49152 sampai dengan port 65535.

Winsock
Untuk pemrograman aplikasi socket berbasis Windows, maka komponen API yang sering digunakan adalah Winsock (Win-dows Socket API) yang mendukung interface standar TCP/IP, yang merupakan protokol jaringan paling popular saat ini (contoh protokol jaringan yang lain adalah NetBIOS, IPX dari Novell, AppleTalk dari Apple, dan seterusnya).

Pengertian TCP/IP (TCP over IP) mungkin dapat menjadi sedikit rancu jika diartikan TCP/IP hanya mengizinkan pengiriman TCP (dan tidak UDP), padahal seperti yang telah kita bahas, pengiriman socket dapat melalui TCP maupun UDP.

 Pengertian TCP/IP di sini sebenarnya digunakan untuk menunjukkan teknologi jaringan/Internet, termasuk di dalamnya adalah UDP. Jika Anda menggunakan UDP, dapat juga disebut sebagai UDP/IP (UDP over IP), tetapi umumnya istilah ini jarang digunakan dan istilah TCP/IP telah mencakup, baik TCP maupun UDP.
Pada bahasa pemrograman visual seperti Visual Basic/Delphi, Anda dapat menggunakan control Winsock yang telah disediakan untuk mengembangkan aplikasi socket.


Walaupun kita akan mencontohkan aplikasi socket dalam environment Windows, Anda tidak perlu khawatir jika aplikasi socket yang menggunakan Winsock tidak dapat berkomunikasi dengan aplikasi socket berbasis Unix/Linux, karena komunikasi tetap dapat terjadi selama aplikasi tersebut menggunakan protokol jaringan yang sama.

Kalau demikian, untuk mencoba aplikasi socket, apakah mutlak diperlukan setidaknya jaringan dengan minimal dua komputer yang saling terkoneksi? Bagi Anda yang terpaksa hanya menggunakan satu komputer, dapat memanfaatkan alamat localhost atau 127.0.0.1 yang mengizinkan dua aplikasi berjalan pada satu mesin komputer dan berkomunikasi satu sama lain.[1]

Socket programming adalah bagaimana cara menggunakan socket API ( Application Socket Programming ), untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local , programmer yang menggunakan ILE ( Integrated Language Environment) C dapat menggunakan informasi untuk mengembangkan aplikasi socket . Anda juga dapat
menggunakan kode socket API dari bahasa ILE lainnya , seperti RPG .  JAVA juga mendukung alat penghubung untuk socket programming.

API adalah sebuah library atau fungsi windows untuk mengeksekusi sebuah perintah yang ada di dalam semua tampilan windows , sebagai contoh untuk tampilan desktop ,screen saver ,shutdown komputer dll. Biasanya seorang programmer yang membuat program seperti berbasiskan protocol jaringan kita sebut dia adalah programmer winsock ( windows socket ).

Winsock dapat didefinisikan dan di dokumentasikan oleh standar API untuk pemograman protocols jaringan . Umumnya digunakan untuk program TCP / IP , tetapi dapat juga digunakan untuk program novell ( IPX / SPX ) dan protocol jaringan lainnya . Winsock dapat digunakan untuk DLL ( Dynamic Link Library ) yang merupakan bagian dari Win32 .

Cara kerja dari winsock adalah perpaduan antara IP Address dan port number , lalu apa yang dimaksud dengan IP Address . IP Address adalah sebuah alamat virtual pada setiap computer untuk mengirimkan data , contoh dalam kehidupan nyata adalah setiap kita mengirim surat kita harus menyertakan alamat pengirim dan alamat tujuan , jika tidak ada maka paket tidak bisa dikirim karena tidak jelas alamat pengirim dan alamat penerima . contoh alamat IP Address adalah 192.168.1.1 Lalu yang dimaksud dengan port number ,pada pelayanan jaringan di computer , port number dapat dikatakan sebagai identifikasi khusus untuk setiap proses, contoh jika anda menggunakan layanan internet seperti google .com anda telah menggunakan port number tertentu , yaitu port 80

Jadi windows socket adalah perpaduan IP Address dan port number , contoh anda mengakses http://www.google.com , kita misalkan google.com memiliki IP Address 66.25.12.25 , sama saja anda mengakses dengan http://www.google.com:80 atau http://66.25.12.25:80 atau untuk layanan chatting seperti MIRC menggunakan port :6666 jadi cara kerja untuk mengakses MIRC adalah alamatserver:portnumber contoh kita anggap IP Address untuk alamatserver chating misalkan DALNET adalah :121.122.204.12 maka prosesnya adalah 121.122.204.12:6666.

Kembali ke topic utama kita adalah Indy ( Internet direct ) , indy digunakan untuk membuat aplikasi yang menggunakan protocol jaringan Indy ( Internet Direct ). Lalu apa indy itu ? indy adalah komponen open source yang terdiri dari protocol internet yang sudah begitu popular ,seperti HTTP , FTP , SMTP , TCP , UDP ,Gopher , Whois dan lain -lain , karena open source maka kita dapat mempelajari semua kode program yang ada untuk dikembangkan . Kemudahan yang lain adalah indy mendukung protocol sampai 120 protokol .

Sebetulnya apa sih protocol itu? Protocol adalah aturan standar atau ketentuan dalam komunikasi jaringan , jadi dalam komunikasi jaringan sudah dibentuk aturan baku dalam proses data .Untuk pemograman indy dapat menggunakan bahasa pemograman seperti Borland Delphi , Borland C++ builder , Visual Studio.net, C# , dan untuk platform ( berbeda sistem operasi )dapat digunakan pula di Linux , .Net Framework, dan Win32.


Previous
Next Post »